Deteksi Dini Penyakit Menular, Tim Medis Lapas Narkotika Purwokerto Lakukan Skrining Kesehatan Kepada Warga Binaan Baru

    Deteksi Dini Penyakit Menular, Tim Medis Lapas Narkotika Purwokerto Lakukan Skrining Kesehatan Kepada Warga Binaan Baru

    Purwokerto, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIB Purwokerto kembali menerima pengiriman warga binaan baru. Seperti biasa, tim medis Lapas selalu memberlakukan skrining terhadap warga binaan yang baru masuk tersebut. Skrining kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatannya dan mendeteksi jika ada riwayat penyakit tertentu, Kamis (07/03/2024).

     

    Skrining kesehatan yang dilakukan tersebut meliputi  BAP kesehatan, skrining TB, Hepatitis C-HIV, serta kejiwaan. Serangkaian tes ini bermanfaat untuk mencegah dan mengantisipasi gangguan kesehatan dan penularan penyakit antar warga binaan yang berada di dalam Lapas.

     

    Salah seorang dokter Lapas Narkotika Purwokerto Viska mengungkapkan, “Penerapan tersebut diberlakukan bagi tahanan/narapidana baru yang dilimpahkan ke Lapas Narkotika Purwokerto guna mendeteksi adanya tanda-tanda dari penyakit TB, Hepatitis C-HIV dan Covid-19” jelas nya.

     

    Viska mengungkapkan selain dilakukan skrining kesehatan, warga binaan baru diberikan pengarahan dan sosialisasi yang dilakukan oleh Kepala Subseksi Perawatan Lapas Narkotika Purwokerto, Eka Fitri Setiawan salah satunya, apabila ada WBP yang sakit maka penghuni lain bisa segera melaporkan ke petugas jaga atau komandan jaga untuk menghubungi petugas kesehatan.

     

    Kepala Subseksi Perawatan Lapas Narkotika Purwokerto, Eka Fitri Setiawan menjelaskan, “Mengingat berbagai macam orang yang masuk ke lingkungan Lapas Narkotika Purwokerto dapat meningkatkan resiko penularan bakteri atau penyakit, sehingga kami wajib menerapkan SOP penerimaan warga binaan dengan melakukan skrining kesehatan” tuturnya. (MAA)

    lapas narkotika purwokerto
    Adriel Kris Novianto

    Adriel Kris Novianto

    Artikel Sebelumnya

    3 Warga Binaan Lapsustik Purwokerto Hirup...

    Artikel Berikutnya

    Lapas Kelas IIA Purwokerto Terima Pindahan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Kunjungan Kerja Aslog Kasad di TMMD Ke-122 Kodim 1704/Mappi

    Ikuti Kami